Kamis, Juli 11, 2013

Penyebab Kutu di Kepala

Chankak23 : Penyebab Kutu di Kepala - Posting Sebelumnya , Penyebab Kutu di Kepala kita bahas sekarang.
Kebanyakan kutu rambut menyerang pada anak-anak dan remaja. Untuk orang yang tinggal di daerah tropis seperti indonesia, penyakit dan hama di rambut manusia memang cukup banyak. Ketombe, rambut bercabang dan mudah rontok, bahkan kutu adalah hal yang lazim menghinggapi rambut. Khusus untuk hal yang terakhir yaitu kutu memang cukup mengganggu, dimana kutu ini akan membuat gatal yang luar biasa pada kulit kepala dan kadang menimbulkan iritasi bila digaruk. Kutu rambut adalah parasit insekta yang memang habitatnya hanya di bagian berambut hewan dan manusia dan makan dengan menghisap darah. Kutu betina dapat bertelur dan menghasilkan 6 buah telur perhari dan telur ini akan melekat pada kulit kepala untuk menetas dalam jangka waktu seminggu.


 
Kutu bentuknya sangat kecil, merupakan serangga berwarna coklet terang. Hidupnya di kepala manusia. Kutu-kutu tersebut akan bertelur berwarna abu-abu, selanjutnya kutu tersebut membuat terowongan/lubang di kulit kepala. Telur-telur tersebut dapat menetas setelah 1 minggu. Kutu mulai meletakkan telur-telurnya setelah mereka berusia 2 minggu. Sehingga dalam waktu yang singkat saja seseorang telah memiliki ratusan kutu di kepalanya. Kutu rambut tesebut tidak suka terbang dan tidak dapat melompat. Mereka pindah dari kepala satu ke kepala yang lain saat dua kepala tersebut berdekatan, misalnya saat berjalan bersama-sama dan pada waktu tidur bersama dengan pembawa kutu rambut. Kutu rambut tersebut membutuhkan kondisi yang hangat untuk bertahan hidup.
Tidak semua kutu bisa dilihat dengan mata telanjang. Ada beberapa jenis yang memerlukan mikroskop jika Anda ingin melihatnya. Secara umum, kutu pada manusia berukuran 1-4 mm dengan kaki yang panjang dan warna tubuh kecoklatan atau hitam. Kutu menggigit kulit manusia bukan hanya di bagian kepala saja tetapi juga di tangan atau kaki.
Berikut Penyababnya 
  1. Yang pertama adalah kebiasaan merawat diri yang kurang higienis. Kita tahu bahwa kutu tidak menyukai sabun dan zat kimia lainnya karena akan menghentikan kehidupan mereka, dengan kata lain membunuh mereka. Itulah sebabnya kita harus rajin merawat kebersihan badan juga rambut dari polusi, keringat dan debu dari sekitar dengan bersih. Jangan ada samphoo tersisa di rambut ketika Anda mencuci rambut. Kotoran di kepala akan mengundang kutu rambut hinggap disana.
  2. Cara kedua penyebab kutu rambut adalah dengan memperhatikan kebersihan kamar pribadi. Sprei, sarung bantal dan guling serta karpet yang kotor adalah penyebab datangnya kutu di sekitar kita. Bersihkan semua perlengkapan kamar tidur secara teratur dan panaskan hingga semua kuman dan kutu tidak lagi menempel disana. Selain itu bersihkan juga sisir rambut secara berkala menggunakan air panas. Panas akan membunuh kutu rambut.
  3. Penyebab munculnya kutu rambut yang ketiga adalah akibat salah pilih shampoo rambut yang berefek pada tumbuhnya ketombe. Jika ketombe tidak dibersihkan, makin lama akan semakin menumpuk dan menjadi sarang baru untuk si kutu rambut. Untuk itu perhatikan dengan baik jenis dan kegunaan samphoo agar sesuai dengan kebutuhan rambut kita.
  4. Penyebab munculnya kutu rambut di kepala kita yang keempat adalah karena salah gaul. Maksudnya adalah ketika kita bergaul dengan mereka yang malas membersihkan diri, otomatis kutu yang dimiliki oleh mereka akan ikut berpindah mencari sarang baru atau mengembangbiakkan telurnya di tempat baru, yaitu rambut kita. Percaya atau tidak, kutu rambut itu seperti menular. Buktinya adalah anak-anak paling sering mendapat kutu rambut karena tidak terlalu serius memperhatikan kebersihan tubuhnya.
  5. Itulah sebabnya kita kenali 5 penyebab kutu rambut selain yang tersebut diatas, yaitu kebiasaan memakai tudung kepala dalam jangka waktu lama tanpa pernah dicuci. Penyebab yang terakhir adalah jangan menggunakan peralatan kebersihan tubuh seperti pakaian, topi, sisir atau kerudung secara bersama-sama karena bisa menyebabkan munculnya kutu rambut akibat kebersihannya yang kurang terjaga.
Demikianlah posting tentang Penyebab Kutu di Kepala Semoga bermanfaat.
Comments :

Ada 0 komentar pada tutorial tentang Penyebab Kutu di Kepala


Posting Komentar

Copyright © 2013 - Chankak23 Supported By Info Rinaldi - Zona Goal | Powered by Blogger.